Joomla Templates by Best Hostmonster

Pasar Banyuwangi

Published: Wednesday, 30 April 2014 Written by pasar

Kata Pengantar
Dengan memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt. Penyusun selayang pandang Pasar Banyuwangi menuangkan potensi Pasar Daerah Banyuwangi dalam buku.

Pasar Daerah Banyuwangi yang terletak di kota Banyuwangi mempunyai peran yang dominan sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan sebagai penentu dalam meraih piala “ADIPURA”

Oleh karena itu Pasar Daerah Banyuwangi berupaya memaksimalkan potensi yang ada dan berbenah diri  untuk menciptakan pasar yang hijau dan bersih. Demikian atas bantuan dari semua pihak disampaikan terima kasih.

 

 

Pendukung dalam meraih Adipura 2013

 

Pengelolaan Lingkungan

 

Pasar Daerah Banyuwangi mempunyai 3 macam bentuk tempat sampah yang terpisah yang di tempatkan di sepanjang tepi jalan raya depan pertokoan, di dalam pasar yang berbentu tong  dari plastic dan berbentuk keranjang dari bamboo ssebagaimana foto terlampir.

2.      Tempat penampungan sampah ( TPS ) tersedia 1 buah Bak Sampah Countainer dan sarana angkut sampah 2 buah gerobak termasuk peralatannya yaitu sapu, cikrak,  cangkul,  garpu dan sekrop. Sebagaimana foto terlampir.

3.      Upaya pengelolaan sampah basah / organic , menggunakan komposter tong plasti sebanyak 8 buah yang ditempatkan di Los pasar dengan ukuran 2 m x 4 m = 8 m2 dan sudah menghasilkan kompos / lindi yang sudah dikemas sebagaimana foto terlampir.

Upaya pemanfatan sampah basah / organic yang menghasilkan  “ GAS METANA “ sudah dilakukan dengan merakngkai 4 buah tong plasti , tapi belum sempurna karena minimya pengetahuan.

4.      Upaya pengelolaan sampah kering

Pasar Banyuwangi memiliki Bank sampah  yang berlokasi di dalam pasar  berukuran 3m x 5m = 15m2 aktif membeli sampah kering tidak hanya dari pedagang pasar Banywangi, tetapi telah mengembang membeli sampah kering milik pedagang pasar segitiga berlian, pasar pujasera dan masyarakat lingkungan pasar untuk selanjutnya diambil Bank sampah Kabupaten Banyuwangi.

             Penerapan 3 R ( reduce, reuse, recycle )

            Ada 2 pedagang Pasar Banyuwangi yang melakukan hal tersebut

1.      Ibu Joyo penjual tembakau, sambil menunggu pembeli ibu joyo mereuse gelas aqua dan kardus rokok menjadi tempat telur yang akan dijual pada acara ritual  Maulid Nabi / endog-endogan.

2.      P Sunarto pedagang gerabah, sambli menunggu pembeli dia memanfatkan waktu untuk membuat  lampu ublik dari botol krangtideng dan kaleng susu, membuat cikrak dari jurigen kecil dan kaleng kong ghuan.

3.      Memanftkan timba plastic 25 kg tempat cat di gambar gajah oling bertuliskan “ PASAR BWI LEBIH BAIK ) untuk pot bunga . ( foto terlampir )

5.      Saluran air dalam pasar berfungsi dan lancer.

Penggelontoran saluran air dilakukan 2 kali seminggu yaitu hari Selasa dan Jum’at kerjasama dengan DKP dan BKBR.

6.      Sanitasi

Upaya kebersihan bak penampung air dan dinding MCK dibersihkan secara rutin menggunakan pembersih prostek dan pengharum.

7.      Penghijauan

Di tepi jalan raya Susuit Tubun depan pertokoan Pasar Banyuwangi sudah ditanami pohon saman/trembesi.

Di atas trotoar depan pertokoan Pasar Banyuwangi diletakkan berbagai jenis tanaman bunga dalam pot.

Di dalam Pasar diletakkan tanaman bunga dalam pot. ( gambar terlampir )

8.      Poster tentang lingkungan hidup

-          One Man One Tree

-          Berfikir Hijau

 

-          Satu Pohon 

 

PENGELOLAAN LINGKUNGAN

Bank Sampah

Tong Kompos

Hasil Kompos

Pemberdayaan Sampah Bekas

Penghijauan

Hits: 3943

PROFIL DISPENDA

KRITIK dan SARAN

KONTAK